Ketahui Ciri Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Berbagai cara dijalani demi mendapat momongan dalam waktu yang secepatnya. Tentu ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kelancaran program hamil, seperti mengetahui ciri ciri wanita subur dan gampang hamil sebagai salah satu patokan.

Kesuburan setiap wanita masing-masing berbeda. Dalam sebulan, ada saatnya jendela subur terbuka. Jendela subur adalah hari saat sel telur terlepas dari ovarium. Proses tersebut dinamakan juga sebagai ovulasi.

Ciri Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Secara umum, sperma bisa terus hidup di saluran reproduksi tubuh wanita sampai tiga hari sesudah melakukan berhubungan seks. Paling penting yaitu mengetahui dan memahami kapan waktu masa subur. Bukan  sekadar berusaha melakukan hubungan seks lebih sering saja.

Berapa lama dan waktu kapan masa subur? Masa paling subur bagi wanita berkisar lima hari sebelum, juga saat terjadinya ovulasi yang merupakan pelepasan sel telur. 

Oleh karenanya, ciri ciri masa subur berikut bisa menjadi pengetahuan, sekaligus referensi mengatur waktu program hamil.

  • Lendir Vagina Berwarna Bening

Lendir yang keluar dari vagina ada berbagai jenis. Lendir ini pun sering disebut dengan ‘keputihan’. Mulai dari segi tekstur, warna, serta aroma menjadi ciri dari jenis-jenis tersebut. Termasuk lendir yang keluar saat masa subur.

Pada masa ini, lendir normal keluar berwarna bening dan kental, tidak begitu bau (memiliki aroma yang khas), dan diikuti oleh ciri lainnya. 

  • Munculnya Gairah Seks yang Lebih Tinggi

Ciri berikutnya yaitu merasakan nafsu dan gairah seks yang lebih tinggi dari biasanya. Bagi sebagian wanita, menyadari naiknya gairah seks masih terasa cukup canggung, sehingga bersikap denial dan berusaha melupakannya.

Bila ingin melancarkan program memiliki anak, hindari untuk mengabaikan tanda alami satu ini. Kamu bisa diskusikan dengan pasangan.

  • Suhu Tubuh Lebih Panas

Dalam sebulan pernah merasakan suhu tubuh lebih panas tapi tidak disertai gangguan kesehatan lain? Bisa saja itu karena kamu memasuki masa subur. Hal ini berhubungan pada produksi hormon progesteron dalam tubuh yang secara alami meningkat. Hormon ini juga yang kerap menjadikan wanita merasa tidak tenang 

  • Payudara Terasa Nyeri dan Mengencang

Menjelang dan setelah menstruasi pernah merasa bagian payudara kencang, bukan? Payudara juga terasa nyeri, tapi tidak parah dan masih wajar. Mengencangnya payudara merupakan satu ciri-ciri masa subur yang sering tidak dipahami.

Berbeda jika nyeri tersebut tergolong parah dan tidak wajar yang mana bisa saja menjadi gejala penyakit lain seperti kanker atau tumor payudara. Kamu juga wajib tahu perbedaannya 

  • Munculnya Gejala Nyeri Ovulasi

Selanjutnya, muncul gejala nyeri ovulasi. Sebutan lainnya yaitu mittelschmerz atau sakit ovulasi. Ovulasi sendiri adalah proses saat sel telur yang telah matang lepas dari indung telur (ovarium). Nyeri ini muncul di area perut bawah dengan tingkat nyeri normal. 

  • Tes Masa Subur Dinyatakan Positif

Ciri lain berupa hasil tes kesuburan menunjukan positif. Tes ini bisa kamu lakukan di klinik. Jika menjalani program kehamilan, tes ini sangat disarankan. Begitupun sebagai tes untuk mendeteksi gejala PCOS yang merupakan salah satu penyebab wanita sulit hamil.

Selain bimbingan dokter, merencanakan kehamilan juga harus didukung oleh kemauan yang kuat untuk menjalani rutinitas pendukung seperti menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Memahami apa saja ciri ciri wanita subur dan gampang hamil akan membantu dalam memilih rutinitas positif demi hasil yang sesuai harapan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.