Plus Minus Masturbasi Saat Haid yang Wajib Diketahui!

Masturbasi saat haid terbilang cukup aman dan tidak terlalu membawa dampak negatif buat kesehatan tubuh asal tidak dilakukan terlalu sering. Bukan hal yang aneh jika wanita merasa lebih berhasrat saat menstruasi. Hal ini dikarenakan perubahan hormon, apa lagi pertengahan periode menstruasi biasanya gejala PMS sudah berkurang bahkan hilang. 

Masturbasi Saat Haid Apakah Berbahaya?

Tidak, yang penting jangan terlalu sering melakukannya karena bisa membuat alat kelamin cedera. Selain itu masturbasi sebaiknya dilakukan dengan merangsang area luar kelamin, hindari menggunakan sexs toys, seperti dildo dan vibrator yang dimasukkan ke dalam vagina, karena bisa mendorong darah haid kembali masuk ke dalam rahim. 

Menurut penelitian pada 2013 tentang hormon dan perilaku, ditemukan fakta jika peningkatan gairah seksual terjadi akibat penurunan hormon estrogen di awal periode dan mulai meningkat seiring berjalannya siklus menstruasi. 

Lonjakan hormon ini meningkatkan hasrat seksual, oleh sebab itu masturbasi bisa menjadi solusi yang aman dalam melampiaskan seks ketimbang harus melakukan penetrasi. 

Manfaat Masturbasi Saat Haid 

Masturbasi saat haid tidak berbahaya bagi wanita, bahkan memiliki potensi bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Secara umum masturbasi bisa meningkatkan kebahagiaan dan memperbaiki mood, karena ketika orgasme tubuh wanita akan mengeluarkan hormon oksitosin dan prolaktin. 

  • Mengurangi rasa nyeri 

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Womanizer ditemukan bahwa masturbasi yang dilakukan secara rutin saat haid bisa mengurangi rasa sakit selama haid. 

Masturbasi meningkatkan aliran darah di area alat kelamin dan ini sangat terapeutik untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu rasa sakit juga berkurang berkat hormon oksitosin yang dilepaskan, hormon ini berperan untuk mengurangi kram dan sakit kepala. 

  • Mempercepat periode menstruasi 

Orgasme yang terjadi bisa mempercepat durasi menstruasi, kontraksi yang terjadi pada tubuh bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan segala sesuatu dengan cepat tak terkecuali dengan menstruasi. 

  • Mengurangi stres 

Haid sering kali mengacaukan mood, tak jarang wanita mengalami mood swing belum lagi tekanan dari pekerjaan bisa membuat orang menjadi tambah stres. Orgasme bisa membantu kamu untuk melepaskan stres dan melemaskan otot, apalagi aktivitas ini terbilang aman dan dilakukan sendirian. 

  • Menyenangkan diri sendiri 

Meski sedang haid bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas perawatan diri sekaligus menyenangkan diri sendiri. Masturbasi bisa dilakukan di saat sedang dalam waktu santai, percaya atau tidak aktivitas ini bisa membuat kamu lebih bahagia dan merasa seksi. 

  • Membantu tidur lebih nyenyak 

Buat sebagian wanita haid menjadi salah satu penyebab tidur tidak nyenyak. Nyeri dan kembung menjadi penyebab utama wanita kesulitan untuk tidur. 

Pelepasan hormon endorfin yang terjadi saat orgasme bermanfaat membuat tubuh menjadi rileks dan tidur lebih nyenyak selain itu juga membuat tubuh menjadi lelah serta menimbulkan rasa kantuk. 

Efek Negatif Masturbasi Saat Haid 

Walaupun masturbasi tergolong tidak berbahaya, ada beberapa efek negatif yang bisa menimpa kamu juga tidak berhati-hati seperti berikut : 

  • Iritasi dan cedera pada alat kelamin 
  • Infeksi karena terjadi iritasi secara terus menerus, jika tidak ditangani dengan tepat bisa mengganggu organ reproduksi 
  • Infeksi jamur akibat tangan atau mainan seks tidak steril 
  • Terjadi kista dan penyakit reproduksi lain karena darah haid kembali masuk ke dalam rahim 
  • Bisa menyebabkan depresi karena rasa bersalah sudah melanggar norma agama
  • Kecanduan

Masturbasi saat haid harus sangat hati-hati, karena ketika haid leher rahim dalam keadaan terbuka sehingga saat sedang melakukan masturbasi sebaiknya cuci tangan dulu sampai bersih supaya tidak menyebabkan infeksi yang bisa berujung pada masalah kesehatan reproduksi. Meninjau manfaat dan efek negatifnya, kembali pada diri kamu masing-masing untuk mengambil pilihan yang bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.