Bukan Sekedar Hobi, Inilah Manfaat Olahraga Sepeda untuk Kesehatan

Bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang digandrungi oleh banyak orang. Tak hanya sekedar hobi, terdapat banyak manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan loh. Selain bermanfaat untuk kesehatan, kegiatan bersepeda juga akan menyenangkan apalagi jika dilakukan dengan keluarga atau teman.

Lalu apa saja manfaat olahraga sepeda? Simak ulasannya berikut ini:

  • Menjaga kesehatan jantung dan mencegah gangguan pembuluh darah

Manfaat olahraga sepeda yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung dan mencegah gangguan pembuluh darah. Olahraga sepeda dapat merangsang dan menjaga kesehatan jantung, paru-paru, melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan sistem kardiovaskular yang baik, maka risiko terkena penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi sehingga Kamu dapat hidup lebih sehat.

  • Mengurangi risiko kanker

Penelitian dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa seseorang dengan tubuh yang bugar memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.

Mengonsumsi makanan yang sehat dikombinasikan dengan olahraga sepeda dapat membantu dalam hal ini. Bagi orang yang sudah terkena kanker, manfaat dari bersepeda juga dapat dirasakan.

  • Mengontrol berat badan

Manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengontrol berat badan. Jika ingin memiliki badan yang ideal tentu harus memperhatikan berat badan. Salah satu cara untuk mengontrol berat badan supaya tetap ideal adalah dengan olahraga sepeda.

Olahraga sepeda dapat meningkatkan metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Bersepeda selama kira-kira 1 jam dapat membakar setidaknya sebanyak 600 kalori.

Supaya mendapatkan hasil yang optimal, lakukan olahraga sepeda dan kombinasikan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

  • Menghindari diabetes

Manfaat yang selanjutnya adalah menghindari diabetes. Kurangnya melakukan aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab seseorang terkena penyakit diabetes. Olahraga sepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormone insulin yang ada dalam tubuh.

Lakukan olahraga ini secara teratur maka Kamu akan terhindar dari penyakit diabetes.

  • Merawat persendian

Olahraga bersepeda dapat memperkuat otot kaki,paha, betis, lengan, bahu, perut, pinggul dan bokong. Bersepeda mampu merawat persendian dan menghindari kekakuan tubuh terutama di usia tua.

Melakukan olahraga sepeda secara teratur dapat membantu sendimu tetap kuat dan sehat.

  • Memperpanjang usia

Aktivitas bersepeda merupakan aktivitas yang mudah untuk dilakukan. Namun jangan salah, bersepeda ternyata mampu memperpanjang usia seseorang loh.

Melakukan olahraga sepeda dengan intensitas yang tinggi dapat mencegah tubuh mengalami penuaan yang lebih cepat hingga ke tingkat sel. Hal tersebut karena aktivitas fisik berat mampu meningkatkan fungsi dan kapasitas mitokondria yang dapat membuatmu menjadi lebih awet muda.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mantan pesepeda Tour de France memiliki usia rata-rata 81,5 tahun, sementara orang pada umumnya memiliki usia rata-rata 73,5 tahun.

  • Menurunkan tingkat stres

Manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan yang terakhir adalah menurunkan tingkat stres. Stres dapat dipicu oleh berbagai hal, menghindari stres mampu menjaga kesehatan mental kamu.

Ketika melakukan aktivitas bersepeda, maka tubuh akan menurunkan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu, melihat pemandangan yang indah ketika bersepeda juga mampu menurunkan tingkat stres.

Itulah beberapa manfaat olahraga sepeda. Jika Kamu memiliki waktu luang, sempatkan untuk bersepeda supaya badan tetap sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.